Skip to main content

AL QUR'AN SEBAGAI OBAT HATI

*AL QURAN SEBAGAI OBAT HATI*

Ada seorang santri bertanya kepada Kyainya:

“Kyai, apa gunanya saya membaca Al Qur’an, sementara saya tidak mengerti arti dan maksud dari Al qur’an yang kubaca“.

Sang Kyai tersenyum.

“Cobalah ambil sebuah keranjang sampah ini dan bawa ke sungai, dan penuhilah kolah kamar mandi rumah itu“, kata Kyai.

Santri itu mengerjakan seperti yang diperintahkan Kyainya. Tapi semua air yang dibawanya jatuh habis, sebelum ia sampai di kamar mandi.

“Kamu harus berusaha lebih cepat!", perintah Kyai.

Kyai meminta santri itu kembali ke sungai. Kali ini sang santri berlari lebih cepat, tapi lagi-lagi keranjangnya kosong (tanpa air) sebelum sampai di kamar mandi.

“Tidak mungkin saya bisa membawa sekeranjang air. Saya ingin menggantinya dengan ember “, keluh santri pada Kyai.

“Saya ingin engkau mengambilnya dengan keranjang, bukan dengan ember", jawab Kyai.

Si santri kembali mencoba, dan berlari lebih cepat lagi. Namun tetap gagal juga. Air tetap habis sebelum ia sampai di rumah.

“Mohon maaf Kyai, ini tidak ada gunanya. Sia-sia saja. Air pasti akan habis di jalan sebelum sampai di rumah“, santri kembali mengeluh pada Kyai.

Wajahnya sejuk dan tenang. Kyai menjawab,

“Mengapa kamu berpikir ini tidak ada gunanya? Coba lihat dan perhatikan baik-baik apa yang terjadi dengan keranjang itu".

Santri itu memperhatikan keranjangnya, dan ia baru menyadari bahwa keranjang yang tadinya kotor berubah menjadi bersih.

Santri tersenyum malu. Kyai  melanjutkan nasihatnya,

“Anakku, demikianlah yang terjadi ketika kamu membaca Al Qur’an? Boleh jadi kamu tidak mengerti sama sekali artinya. Namun ketika kamu membacanya, tanpa kamu sadari, atas izin Allah, hatimu menjadi lebih bersih. Itulah berkah Al-Quran, hatimu diselamatkan oleh Allah".

------
*Mutiara Hikmah*:
Al-Quran adalah kalam Allah. Tidak ada yang sia-sia ketika kita membacanya. Ia bisa menjadi obat hati, bisa menjernihkan hati (tazkiyatun nafs), sehingga hati kita makin bersih, bening, dan jernih melihat segalanya.
------
Sumber dari Whatsapp chats
_Semoga yang menulis kisah ini diberikan pahala dari Allah, diluaskan rizkinya, dipanjangkan umurnya, dijadikan husnul khatimah. Amin_

Comments

Popular posts from this blog

*​KISAH BUBARNYA SEBUAH GROUP WA​* Bermula dari chattingan antar anggota lama dgn anggota baru... *Abah Darto:* Halo Sari, selamat bergabung di group ya... *SARI:* Halo juga, saya baru nih.. dr Surabaya. *Om Kusye:* Ya Sari, jangan khawatir sayang, aku akan bantu apapun buat kamu... *Om Pei:* Halo Sari,, kalo ada perlu apa2 tinggal bilang aja, aku siap bantu kapanpun... *Om Aat:* Halo Sari, saya bisa nemenin kamu ke mana aja kamu mau... kabarin aja ya say *Om Hilal:* Halo Sari... tenang aja selama ada saya semua pasti beres... *SARI:* Tks temen2 semua atas perhatiannya, kalian semua memang baik banget... *Pak Dudu:* Btw, nama lengkap kamu siapa? *SARI:* SARIFUDIN, asli Jember... *Abah Darto* keluar group *Om Kusye* keluar *Om Pei* keluar *Om Aat* keluar *Om Hilal* keluar *Pak Dudu* sbg Admin  keluar Cuma Sholeh yg msh  'online' *???????* *SARI:* Mas Sholeh kok ngak ikut keluar??? *Sholeh:* Yah saya husnuzhon dan sabar saja, semua past